JARINGAN KOMPUTER :: Macam-macam Jaringan Komputer

Macam-macam Jaringan Komputer – Seperti yang kita ketahui, bahwa komputer itu mempunyai beberapa jenis jaringan. Berdasarkan ruang lingkup kerjanya, secara geografis jaringan komputer dapat dibedakan ke dalam beberapa macam diantaranya adalah sebagai berikut.

Macam-macam Jaringan Komputer

Jaringan Komputer
1. LAN (Local Area Network)
LAN yaitu suatu sistem jaringan dimana setiap komputer atau perangkat keras dan perangkat lunak digabungkan agar dapat saling berkomunikasi (terintegrasi dalam area kerja tertentu dengan menggunakan data dan program yang sama juga mempunyai kecepatan transfer data lebih cepat). LAN mempunyai jangkauan maksimal 100 meter.

2. MAN (Metropolitan Area Network)
MAN merupakan suatu jaringan diantara jaringan LAN dan WAN yang mempunyai jangkauan dengan luas geografis antara 10 KM s/d 50 KM. MAN digunakan untuk membangun jaringan di kantor-kantor dalam wilayah 1 kota, gedung, pabrik, kampus dan kantor pusat dalam area jangkauannya.

3. WAN (Wide Area Network)
WAN yaitu network yang mempunyai area kerja antara benua, dengan melewati batas geografis negara dan milik umum.

4. Internet (Interconnected Network)
Internet yaitu jaringan komputer secara global (mendunia) yang dapat diakses ke seluruh dunia, dan dapat menghasilkan berbagai informasi, seperti: hiburan, pendidikan, kedokteran, olahraga, artis, politik, dan lain-lain.

5. Wireless (Tanpa Kabel)
Wireless yaitu jaringan tanpa kabel yang menggunakan teknologi radio (frekuensi) atau dikenal dengan istilah WLAN (Wireless Local Area Network) atau disebut juga dengan Wifi.

Itulah tautan tentang  Macam-macam Jaringan Komputer semoga anda yang belim mengetahui masalah, jaringan komputer silahkan baca lebih detail demikian terima kasih anda telah menggunjungi
blogg kami

0 Response to "JARINGAN KOMPUTER :: Macam-macam Jaringan Komputer"

Posting Komentar